Kamis, 07 Juni 2018

Manfaat Ikan Gabus Bagi Penderita Diabetes

Ikan gabus adalah salah satu jenis ikan yang mudah ditemukan, hal itu karena ikan ini biasa hidup di rawa-rawa, danau, atau pun sungai. Ikan gabus merupakan ikan predator bagi ikan-ikan lainnya. Namun dalam dunia herbal, ikan ini sangat bermanfaat dalam mengobati berbagai penyakit. Hal ini karena banyaknya khasiat yang terkandung di dalamnya. Salah satu manfaat ikan gabus adalah sebagai obat untuk penderita diabetes.
Ikan gabus sangat kaya akan kandungan zat albumin. Manfaat albumin adalah untuk mempercepat proses penyembuhan luka, selain itu albumin juga dapat menaikan berat badan seseorang. Kandungan lain yang terdapat dalam ikan gabus yaitu asam amino, zinc, lemak, dan masih banyak yang lainnya.

Albumin sendiri merupakan salah satu protein yang terdapat di dalam darah dan diproduksi oleh hati. Dalam dunia kesehatan, albumin sering dimanfaatkan untuk mempercepat proses penggabungan sel tubuh yang terbelah sehingga dapat membentuk sel baru. Jenis protein inilah yang mampu memberikan beberapa manfaat untuk pengobatan termasuk penyakit diabetes.

Manfaat ikan gabus untuk penyembuhan diabetes ini bukan hanya mitos belaka, karena telah dilakukan pengujian secara ilmiah oleh para peneliti.

Para peneliti menyebutkan bahwa zat-zat yang terkandung dalam ikan gabus dapat menurunkan gula darah serta dapat memperbaiki jaringan pankeras yang sudah rusak. Karena umumnya peningkatan gula darah pada penderita diabetes ini disebabkan karena telah terjadi kerusakan pada pankeras, atau bisa disebut sebagai diabetes type A.

Penyakit diabetes biasanya dapat disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya jaringan saraf yang rusak, peredaran darah yang terganggu, dan sistem imun yang menurun. Diabetes juga dapat terjadi karena tidak berfungsi hormon insulin pada tubuh.

Kandungan albumin dalam ikan gabus sangat bermanfaat dalam menyembuhkan dan memperbaiki kerusakan yang terjadi akibat penyakit diabetes diantaranya;
  • Dapat memperbaiki pancreas yang tentunya sanga berguna dalam pemproduksi insulin dalam tubuh.
  • Dengan adanya produksi insulin yang meningkat dapat menormalkan kadar gula dalam darah.
  • Dapat mengeringkan luka pada kulit yang disebabkan diabetes.
  • Dapat mempercepat regenerasi sel tubuh, terutama pada kulit yang sobek.
  • Mampu membersihkan bakteri atau virus yang dapat menjadi pemicu datangnya diabetes.
Demikianlah artikel tentang manfaat ikan gabus bagi penderita diabetes. Semoga informasi yang telah saya sampaikan diatas bisa menambah wawasan dan tentunya bermanfaat bagi anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar