Senin, 11 Juni 2018

Kandungan dan Manfaat Ikan Gabus Untuk Pertumbuhan Anak

Ikan gabus merupkan salah satu makanan yang memiliki kadar albumin tertinggi dibandingkan dengan makanan lainnya. Hal ini juga diungkapkan Prof.Dr.Ir.Eddy Suprayitno, berdasarkan hasil peneltiannya dia menyebutkan bahwa "ikan gabus/ikan kutuk memiliki kandungan protein albumin tertinggi jika dibandingkan dengan sumber protein albumin dari ikan-ikan lainnya, seperti; ikan lele, ikan bandeng, ikan mas, ikan nila, dan berbagai jenis ikan lainnya."

Kandungan albumin sangat dibutuhkan tubuh anak-anak. Apabila kadar albumin dalam tubuh anak terlalu rendah, maka dapat mengakibatkan protein yang dikonsumsi oleh anak pecah. Sehingga protein yang seharusnya dikirim untuk pertumbuhan sel menjadi kurang maksimal.

Berbagai penelitian juga menyebutkan bahwa kandungan albumin dalam ikan gabus sangat bermanfaat untuk tumbuh kembang anak. Maka dari itu, mengkonsumsi ikan gabus sangat dianjurkan agar dapat mendukung tumbuh kembang anak di fase emasnya.

Manfaat albumin dalam ikan gabus sangat berguna untuk mengatur tekanan osmotik dalam darah, menjaga adanya air pada plasma darah hingga mampu mempertahankan volume darah pada tubuh agar dapat menghambat pembengkakan.



Manfaat Ikan Gabus Untuk Anak

Berikut adalah manfaat ikan gabus untuk tumbuh kembang anak;

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
 
Ikan gabus mengandung zat besi dan berbagai jenis protein yang akan menjadikan tubuh kebal sehingga terhindar dari bebagai penyakit. Mengkonsumsi ikan gabus akan membuat daya tahan tubuh menjadi bertambah, sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit dan berbagai virus yang dapat merugikan tubuh.

Memperbaiki Gizi Buruk
 
Ikan gabus juga sangat bermanfaat dalam memperbaiki gizi buruk yang umumnya sering dialami oleh bayi, balita, anak, ataupun ibu hamil. Dengan mengkonsumsi 100 gram ikan gabus akan memenuhi berbagai kebutuhan gizi yang tentunya sangat penting untuk kesehatan tubuh, terutama bayi.

Menyehatkan Pencernaan Anak
 
Ikan gabus memiliki kandungan protein kolagen yang lebih rendah dibandingkan dengan kadar protein yang terkandung pada daging. Ikan gabus diketahui hanya memiliki 3% hingga 5% dari total kandungan protein kolagen. Hal itu membuat struktur daging ikan gabus menjadi empuk, sehingga Anda tidak perlu khawatir akan proses pencernaannya.

Menjaga Keseimbangan Cairan dalam Tubuh
 
Zat albumin dalam ikan gabus berfungsi untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Sehingga jika kondisi cairan dalam tumbuh berkurang, protein yang masuk kedalam tubuh akan pecah dan tidak dapat berfungsi secara normal. Adapun kandungan albumin yang normal di dalam tubuh mencapai 60%.

Kandungan albumin sangat dibutuhkan oleh anak-anak dalam periode emas pertumbuhannya yaitu saat anak usia 1-5 tahun, kekurangan asupan albumin dapat mengganggu proses pertumbuhan pada badan dan otak anak. Maka jika kadar albumin semakin sedikit, pertumbuhan sel ditubuh dan otak anak akan semakin lambat. Pertumbuhan sel yang lambat dapat menyebabkan tumbuh kembang anak yang lambat sehingga akan menyebabkan anak menjadi k urang cerdas.

Maka dari itu ikan gabus sangat disarankan dikonsumsi oleh anak-anak, supaya mereka dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

Demikianlah informasi seputar manfaat ikan gabus untuk perkembangan tubuh anak. Semoga artikel ini bisa menambah pengetahuan dan tentunya bermanfaat bagi Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar